Kesehatan

10 Manfaat Daun Seledri Yang Belum Anda Ketahui

Barrunews.com, Kesehatan – Daun Seledri ( Apium graveolens . L ) sudah banyak digunakan sebagai penyedap masakan dengan rempah – rempah bumbu masakan yang sudah dipadukan dengan bumbu rempah lainnya ,

Seledri adalah dari keluarga yang sama dengan peterseli yaitu  keluarga Umbelliferae. Seledri termasuk pada jenis sayuran dan juga jenis tanaman obat yang biasanya digunakan untuk membuat sup atau salad. Selain itu saledri yang memiliki manfaat untuk tubuh anda sehingga seledri sering dijadikan campuran untuk membuat jus.

Menurut mitos seledri mampu mebantu mengontrol tekanan darah. benarkah? berdasarkan penelitian seledri dapat berfungsi sebagai relaksan otot polos sehingga mampu membantu mengontrol tekanan darah serta mampu menjaga kesehatan ginjal.

Kandungan tanaman ini sebagai berikut : asam amino, boron, kalsium, klorin, asam lemak esensial, folat, inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, selenium, sulfur, seng. Klandungan lain yang dimiliki oleh daun seledri yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Berikut beberapa manfaat seledri bagi kesehatan :

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol
    Seledri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
  2. Meredakan radang
    Seledri mengandung antioksidan dan polisakarida yang dapat digunakan sebagai anti-inflamasi.
  3. Membantu mencegah peningkatan tekanan darah atau dapat mengontrol tekanan darah.
    Seledri berperan dengan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai relaksan otot polos dan mempermudah aliran kalsium dan kalium kedalam dan keluar sel.
  4. Mencegah terjadinya gangguan sistem pencernaan.
    Berdasarkan penelitian seledri memiliki kandungan seperti flavonoid, tanin, minyak atsiri dna alkaloid yang dapat membantu mengontrol kadar asam lambung dan meningkatkan perlindungan mucus lambung.
  5. Menjaga kesehatan liver.
  6. Membantu menurunkan berat badan.
    Seledri memiliki kandungan rendah kalori, namun memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Seledri juga memiliki fungsi dapat membantu mengatur metabolisme lemak didalam tubuh.
  7. Meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi kembung.
    Berdasarkan penelitian, seledri memiliki senyawa yang dapat berfungsi sebagai diuretik sehingga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Seledri juga dapat meningkatkan sirkulasi usus yang juga berguna untuk memperbaiki pencernaan dengan membantu untuk meredakan kembung dan bengkak karena kelebihan cairan.
  8. Meningkatkan kekebalan tubuh.
    Berdasarkan penelitian seledri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi bakteri.
  9. Membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.
    Seledri dapat membantu merangsang produksi urine sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri serta gangguan kemih dan ginjal.
  10. Membantu menjaga tubuh dari kanker.
Jus Seledri

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan, Pertama, ambilah seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih. Kedua potong ukuran kecil seledri kemudian masukan ke dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan anda. Bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, di antara waktu makan. Hal tersebut sangat ampuh untuk menstabilkan suhu tubuh serta dapat meningkatkan nafsu makan. Konsumsi jus seledri secara teratur untuk hasil yang optimal. (yy)

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close