BarruTravel

15 Destinasi Wisata Di Barru Yang Wajib Di kunjungi !!!

Barrunews.com,Travel- Kabupaten Barru tidak hanya dikenal punya ikon tugu payung, tapi juga punya banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi saat libur lebaran.

Kamu yang mudik ke Barru jangan sia-siakan waktu liburan hanya dengan berdiam diri di rumah. Kamu bisa ajak keluarga, teman, sahabat ataupun pasangan anda untuk menjajal berbagai destinasi wisata keren di Barru.

  1. Celebes Canyon
Celebes Canyon

Terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja. Celebes Canyon punya keindahan alam yang menakjubkan. Paduan keindahan batu karst putih dan desiran Sungai Ule’ yang mengalir disela karst, menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi saat libur lebaran. Airnya jernih dan segar. Kalian yang hobby bermain air tentu bakal betah berlama-lama ditempat ini.

  1. Bukit Jomblo
Bukit Jomblo

Pohon Jomblo yang satu ini terletak di Dusun Lakeppo, Desa Liburen Kabupaten Barru. Berada di kaki bukit Lakeppo, pohon ini sendirian tegak berdiri di areal lapangan rumput yang luasnya sekitar dua kali lapangan bola. Keberadaannya melengkapi keindahan pesona bukit yang dikelilingi rangkaian pematang sawah dan aliran Sungai Ule. Kalau beruntung, akan ada sapi-sapi yang memakan rumput di sekitar pohon. Selain berfoto dengan Pohon Jomblo, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di sekitar bukit.

  1. Bukit Maddo
Bukit Maddo

Bukit Maddo di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel, memiliki pamandangan yang sangat indah. Sungai yang berkelok-kelok jadi salah satu pemandangan di atas bukit tersebut. Sangat cocok untuk spot berfotoria, terutama bagi yang hobby selfie dan groupy.

Bukit Maddo bisa dijangkau dari Kota Barru melintasi jembatan masjid di Desa Bottoe.

Sekitar 100 meter dari masjid tersebut terdapat jalan di sebelah kiri untuk masuk ke Desa Maddo. Perjalanan berjarak 3 Km dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk naik ke bukit pengunjung harus menanjaki jalan terjal.

  1. Lappa Laona
Bukit Lappalaona

Indahnya pesona puncak Lappa Laona yang ada di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Selain pesona lautnya, Kabupaten Barru juga memiliki tempat wisata yang sangat indah di daerah ketinggian. Lappa Laona merupakan padang rerumputan hijau yang sangat luas yang bisa memanjakan mata, dan sangat cocok sebagai tempat berkemah untuk komunitas yang hobi menjelajah. Di sisi lainnya, pengunjung bisa melihat Kecamatan Tanete Riaja dan Kecamatan Barru dari ketinggian, termasuk pulau Panikiang yang jaraknya sekitar 50 Km dari puncak Lappa Laona. Suasana yang sejuk, pemandangan yang hijau merupakan bayaran yang setimpal bagi pengunjung yang telah menempuh jarak 8 Km dari Desa Harapan. Selain memiliki banyak spot berfoto di lokasi ini, Lappa Laona diapit oleh dua air terjun yang sangat indah.

  1. Pohon Pinus Lajoanging
Hutan Pinus Lajoanging

Siapa sangka, Desa Harapan, Tanete Riaja tenyata memiliki pesona yang fantastis. Pohon pohon pinus yang berjejeran membentuk sebuah hutan alami buktinya. Selain itu, disini kamu bisa melihat dua sisi laut Sulawesi Selatan tapi yang paling menarik adalah hutan pinus dan lembah lappa laona yang sangat bersih dan natural. Jika kamu ingin kesini, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup dan dalam kondisi 100%. Sesampai di perbatasan Soppeng-Barru kamu ambil jalur kanan, jangan lupa untuk bertanya ke penduduk sekitar dimana letak dusun ini. Bahkan jaringan bakal sulit anda temukan, jadi dipastikan tempat ini hanya cocok bagi kamu yang bisa menikmati serunya sensasi nyasar.

  1. Coppo Tille
Gunung Coppo Tille

Gunung Coppo Tille merupakan salash satu puncak tertinggi di kabupaten Barru sekaligus gunung tertinggi di Tanete, ketinggian gunung Coppo Tille mencapai 843 Meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di antara 3 desa yaitu desa Mattirowalie, desa Bacubacu dan desa Harapan, juga terletak di 2 kecamatan yaitu kecamatan tanete riaja dan kecamatan pujananting keunikan dari gunung Coppo Tille yaitu dipuncak gunung ini masi terdapat beberapa puncak lagi, di gunung ini pula terdapat air terjun yang masyarakat setempat menyebutnya dengan air terjun Wae Lato. gunung ini menjadi favorit bagi para pendaki

  1. Puncak Kappire
Puncak Kappire

Satu lagi tempat asik untuk menikmati alam dari ketinggian Barru, Puncak Coppo Kappire namanya. Bagi kamu yang suka blusukan ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian, maka tempat wisata di Barru ini benar-benar wajib kamu kunjungi. Letaknya ada di Dusun Pange, Desa Palakka, Kecamatan Barru. Berjarak sekitar 15 km dari tugu 4 payung Kota Barru. Serta bisa ditempuh dalam 30 menit dalam kondisi normal ke desa terakhir sebelum melanjutkan tracking sekitar 2,5 jam dalam kondisi normal.

  1. Air Terjun Wae Sai
Air Terjun Wae Sai

Dijuluki air terjun pelangi abadi, membuat Air Terjun Waesai wajib untuk kalian kunjungi. Lokasinya berada di Lomporiaja, Kecamatan Tanete Riaja. Air terjun Waesai memiliki ketinggian tebing 25 meter. Menikmati kucuran airnya yang segar akan membuat pikiran tenang dan semangat pulih kembali. Lokasi Air Terjun Waesai terbilang cukup menantang karena terletak di pedalaman dan jauh dari keramaian kota, namun saat libur lebaran objek wisata Air Terjun Waesai ini tak pernah sepi.

  1. Air Terjun Salopuru
Air Terjun Salopuru

Sungai ini masih terbilang perawan dengan keeksotisannya yang masih alami. Paling indah untuk berkunjung ke air sungai ini saat air sungai tenang. Tak jauh dari lokasi kita dapat menemukan bunga-bunga liar cantik yang tumbuh dengan alami disekitar area aliran sungai ini. Wisata Alam Barru ini terletak di pelosok kecamatan Pujananting dengan lokasi tersembunyi sehingga pengunjung yang datang tidaklah banyak.

  1. Air Terjun Sarang Burung
Air Terjun Sarang Burung

Jika anda termasuk pecinta wisata alam, dan menyukai  travelling, jangan lewatkan destinasi wisata air terjun yang berada di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Air terjun ini dinamai Sarang Burung oleh warga sekitar. Mungkin karena tempat ini diiringi oleh kicauan burung di sepanjang jalan hingga sampai di  lokasi air terjun. Wisata yang satu ini memang agak sulit dijangkau karena jaraknya cukup jauh. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer dan menapaki akses jalan yang cukup terjal dan menanjak. Namun pemandangan air terjun yang menawan membuat anda tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini. Airnya yang sejuk, pemandangan lapisan batuan yang elok, angin sepoi yang berhembus ditambah kicauan burung yang menenangkan. Uniknya air terjunnya tidak hanya 1 tapi 7 tingkat. Jarak air terjun antara 1 dengan yang lain berkisar 100 meteran.

  1. Air Terjun Manuba
Air Terjun Manuba

Keindahan air terjun Manuba sangatlah mempesona, tak heran mengapa tempat ini paling dicari saat libur lebaran. Air Terjun Manuba memiliki ketinggian tebing kurang lebih 12 meter. Dibawahnya ada kolam berwarna hijau tosca. Destinasi wisata ini juga tergolong ekonomis, karena tak ada tiket masuk yang disediakan. Pengunjung hanya perlu menjaga kebersihan dan tak membuang sampah sembarangan.

Untuk menuju lokasi kita dapat berkendara selama kira-kira satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau 30 kilometer jaraknya dari pusat kota Barru. Air terjun ini terletak di Kec.Soppeng Riaja. Medan yang harus dilewati sangat berat karena terletak di tengah hutan perawan.

Sesampainya di lokasi, niscaya lelah kita akan menghilang melihat jernihnya air terjun cantik ini. Air terjun ini memang hanya setinggi kurang lebih 30 meter namun nilai eksotisme nya tak berkurang sedikitpun. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan jika kita mengunjungi tempat ini.

  1. Pantai Ujung Batu
Pantai Ujung Batu

Salah satu primadona wisata di Barru yaitu Pantai Ujung Batu. Pantai ini terletak di Sumpang Binangae, Kecamatan Barru. Lokasinya yang strategis membuat Pantai Ujung Batu jadi serbuan pengunjung saat libur lebaran. Biaya tiket masuk tergolong ekonomis yakni sebesar Rp.3 ribu rupiah. Pantai Ujung Batu juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik. Banyak spot foto yang bisa dijadikan pengunjung sebagai latar keren buat berselfie ria.

  1. Pantai Laguna
Pantai Laguna Pucu’e

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke kawasan wisata di Kabupaten Barru, Anda mungkin belum terlalu sering mendengar nama Pantai Laguna. Bagi anda pecinta sunset, Pantai di desa Pao Pao tepatnya di daerah Pucu’e ini memiliki segudang pesona yang sayang sekali untuk dilewatkan apabila kita sedang berkunjung ke Barru. Nama Laguna sendiri berasal dari nama kepala Dusun Pucu’e yang mempunyai peranan penting terhadap perkembangan Pantai Laguna.

  1. Pulau Dutungan
Pulau Dutungan

Bagi yang menyukai liburan dengan nuansa pulau, kalian bisa menjajal Pulau Dutungan. Pulau ini terletak di Palanro, Kecamatan Mallusetasi. Pulau Dutungan memiliki keindahan pasir putih dan pesona bawah laut yang sangat indah. Banyaknya pepohonan rindang tumbuh di tepi pantai membuat hawanya cukup sejuk. Berlibur ke pulau ini, kalian cukup merogoh kocek Rp.50 ribu untuk biaya transportasi penyeberangan antar-jemput dan tiket masuk Pulau Dutungan. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin menginap, Pulau Dutungan menyediakan resort dengan harga terjangkau.

  1. Pulau Pannikiang
Pulau Pannikiang

Pulau ini terletak di Desa Madello, kec.Balusu sekitar 15 kilometer dari pusat kota Barru. Untuk mencapai pulau ini kamu bisa menyewa perahu para nelayan di pesisir pantai Takkalasi ataupun pesisir pantai Madello. Nama pulau ini sejatinya berasal dari kata Panning (Kelelawar). Ya, pulau ini memang dipenuhi dengan hewan ini.

Tidak hanya kelelawar, masih banyak spesies burung lainnya yang menetap di pulau eksotis ini. Keberadaan beberapa spesies hewan di pulau Pannikiang merupakan keunikan tersendiri. Wisatawan juga akan disuguhi deretan pegunungan Lavanchu yang melengkapi eksotisme pulau berbentuk S ini.

Bagaimana, sudah siap berpetualang ke 15 tempat wisata di Barru diatas? Pastikan kondisi fisik dan kendaraanmu dalam keadaan prima karena untuk mencapai beberapa destinasi tersebut tak jarang kondisi jalannya kurang bersahabat. (yy)

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close