PeristiwaRegional

Asap Tebal dari Wilayah Teluk Balikpapan, disebabkan Oleh Tumpahan Minyak

Barrunews.com, Balikpapan – Kobaran Api serta asap hitam tebal menyelimuti perairan di sekitar dermaga Telaga Emas, Balikpapan Barat, sekitar pukul 10:30 Wita, Sabtu (31/3/2018).

Asap tebal yang menyelimuti langit di sekitar lokasi, membuat warga panik dan berhamburan ke jembatan Kampung Atas Air, Marga Sari, Balikpapan Barat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto membenarkan adanya tumpahan minyak di kawasan Margasari di Kampung Atas Air Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat ini, menurut dia, pemerintah bersama PT Pertamina akan melakukan upaya pencegahan penyebaran tumpahan minyak agar tidak meluas.

Sebelumnya, warga di sekitar Dermaga Telaga Emas, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur, menyebutkan ada semacam tumpahan minyak yang mencemari perairan di kawasan itu sebelum api dan asap hitam membumbung tinggi tiba-tiba muncul. Warga menduga ada tumpahan limbah minyak atau solar di perairan. Saat mengarahkan cahaya, air laut tampak berkilau.

Bila memandang jauh ke depan, permukaan air tampak seperti pelangi. Diduga kuat itu disebabkan lantaran adanya tumpahan limbah minyak atau solar ke laut. Seorang warga Marga Sari, Nurjana, yang rumahnya tak jauh dari insiden kebakaran, mengaku panik ketika melihat atas rumahnya gelap dipenuhi asap tebal.

“Kami takut terjadi apa-apa, karena rumah kami sangat dengan dengan kilang dan laut,” katanya.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close