KesehatanKuliner

Banyak Manfaat Sumsum Tulang Sapi Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda, Kenapa Bisa?

Barrunews.com, Kesehatan- Salah satu yang menarik pada musim kurban ini adalah sumsum sumsum tulang sapi. Tidak hanya lezat. Sumsum tulang sapi ternyata membuat orang awet muda.

Sumsum yang ada dalam tulang sapi memang kandungan terbesarnya yaitu lemak. Bahkan, sekitar 96 persen kandungan utama sumsum adalah lemak. Akan tetapi, bukan berarti lemak ini tidak sehat buat kesehatan Anda.

Sebuah penelitian dalam jurnal Cell Metabolism tahun 2014 justru membuktikan kalau jaringan-jaringan lemak dalam sumsum bisa jadi sumber hormon khusus bernama adiponektin dalam tubuh.

Tulangnya sendiri kaya akan berbagai jenis mineral penting seperti kalsium, magnesium, serta fosfor. Di samping itu, sumsum tulang sapi juga menawarkan kolagen serta glukosamin, yaitu zat kimia alami yang ada di persendian Anda.

Berikut beberapa manfaat sumsum tulang sapi bagi tubuh seperti dikutip dari Hellosehat.com:

1. Melindungi sendi

Sumsum tulang tinggi akan kandungan kolagen dan glukosamin. Kedua zat ini bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan pada persendian sekaligus menjaganya agar tetap kuat dan lentur.

Baik kolagen dan glukosamin juga sama-sama berguna untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Karena itu, mengonsumsi sumsum tulang bisa membantu mencegah penyakit seperti osteoarthritis (pengapuran sendi) yang banyak dialami orang lanjut usia.

2. Melancarkan pencernaan

Kaldu sumsum tulang mengandung gelatin, yaitu protein khusus yang punya banyak manfaat penting bagi sistem pencernaan Anda. Di antaranya adalah memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan, meningkatkan kadar bakteri baik di usus, serta meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan Anda.

3. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah penelitian oleh para ahli di Amerika Serikat menguak bahwa kandungan adiponektin berguna untuk mencegah diabetes. Diabetes bisa terjadi saat hormon insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik untuk mengolah gula.

Nah, penelitian ini membuktikan bahwa kadar adiponektin yang tinggi berarti hormon insulin Anda akan bekerja lebih efektif sehingga kadar gula dalam tubuh Anda tidak akan melonjak terlalu tinggi. Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Akan tetapi, perhatikan porsi makan Anda karena diabetes juga bisa dipicu oleh konsumsi lemak berlebihan. Pasalnya, sumsum tulang sendiri kandungan lemaknya tinggi.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seorang dokter spesialis kanker asal Swedia, dr. Astrid Brohult, melakukan uji coba dengan memberikan sumsum tulang belakang sapi pada anak-anak pengidap leukimia. Pasien-pasien cilik ini telah berkali-kali menjalani terapi radiasi sehingga pasokan sel darah putih dalam tubuh mereka berkurang.

Ternyata setelah mengonsumsi sumsum tulang sapi, para pasien menunjukkan peningkatan sel darah putih. Setelah diteliti lebih lanjut, ini karena sumsum tulang mengandung senyawa bernama alkilgliserol atau AKG. Senyawa unik ini rupanya berfungsi untuk menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh.

Nah, sel darah putih sendiri amat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan berbagai jenis penyakit. Inilah mengapa orang yang sedang sakit sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sup kaldu, terutama dari sumsum tulang.

5. Menjaga kulit agar awet muda

Anda membutuhkan kolagen untuk menjaga supaya kulit tetap lembut, cerah, dan kenyal. Apalagi kalau Anda sudah mulai mengalami proses penuaan yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus di wajah, kulit keriput, atau kulit jadi kering.

Nah, kandungan gelatin dalam sumsum tulang sapi dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi sumsum tulang bisa membantu kulit Anda tampak awet muda.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close