Hukum dan KriminalRegional

Begini Kronologi Penangkapan Pelaku Penculikan Anak di Makassar

Barrunews.com, Makassar – Sebelumnya telah terjadi peristiwa penculikan anak di Jl. Raya pendidikan, Kec. Rappocini, Kota Makassar, pada tanggal 09 januari 2018, sekitar pukul 23.00 wita, berdasarkan kejadian tersebut maka tim gabungan melakukan penyelidikan dan sekitar pukul 16.00 wita diperoleh informasi tentang keberadaan salah satu tersangka di wilayah Kab. Pangkep, maka Personil di bagi dalam 2 tim, 1 tim melakukan pengejaran ke wilayah Kab. Pangkep dan 1 tim lagi tetap bersiaga di makassar.

Kemudian pada sekitar pukul 20.00 Wita tersangka lk. RISAL berhasil di tangkap di kab. Pangkep kemudian dari keterangan lk. RISAL menerangkan bahwa melakukan penculikan tersebut bersama -sama dengan :

  • Lk. YUSFIKAR MAJID alias YUS , dimana lelaki tersebut merupakan saudara ipar dari ayah korban penculikan tersebut.
  • Lk. ANWAR alias ABANG (teman dari lk. YUS) dan
  • Pr. AYU YULIASRI alias AYU. (Teman dari lk. YUS)

Maka tim yang berangkat ke Kab. Pangkep pun melakukn koordinasi dengan Tim yang berada di makassar, dan Setelah itu langsung bergerak kerumah korban di Jl. Raya pendidikan karena di sinyalir bahwa tsk. LK. YUS berada di rumah korban, kemudian tim gabungan pun mengamankan lk. YUS dan berdasarkan keterangan lelaki tersebut bahwa pr. AYU sedang berada dirumahnya di perumahan Telkomas, Kec. Tamalarea Makassar, maka personil gabungan kembali bergerak kerumah tersebut dan langsung mengamankan pr. AYU. Bahwa dari keterangan TSK. lk. YUSFIKAR MAJID alias YUS menerangkan bahwa :

1. Bahwa orang yang merencanakan melakukan penculikan tersebut adalah lk. YUS dengan menyuruh teman nya yaitu lk. RISAL , lk. ANWAR (DPO) dan pr. AYU YULIASRI alias AYU.

2. ‎Bahwa rencana awal setelah melakukan penculikan tersebut, mereka akan meminta tebusan kepada orang tua korban sebesar 2-3 milyar rupiah.

3. ‎Bahwa motif tersangka Lk. YUS sehingga menyuruh teman nya melakukan penculikan tersebut karena sakit hati terhadap orang tua korban.

4. Bahwa pada rencana awal penculikan tersebut ke 4 (empat) tersangka berangkat dari kabupaten barru menuju makassar menggunakan kendaraan mobil rental dan langsung menuju kerumah korban .

5. Bahwa setelah melakukan penculikan tersebut, korban dibawa kerumah pr. AYU untuk diamankan dan lk. YUS, lk. RISAL dan Lk. ANWAR kembali ke kab. Barru., dan rencana nya keesokan harinya baru menghubungi orang tua korban untuk meminta tebusan sejumlah uang.

6. ‎Bahwa hubungan antara lk. YUS dan orang tua (ayah) korban adalah saudara ipar.

7. Bahwa dikarenakan perkara ini begitu mencuat di media maka pr. AYU menjadi takut dan meminta lk. YUS untuk mengembalikan anak tersebut kepada orang tuanya., maka Lk. YUS pun datang ke rumah pr. AYU untuk mengambil kembali korban (pr. RAIHANUN MALIKA R. alias HANUN) kemudian di bawa menggunakan sepeda motor dan diturunkan di pinggir jalan poros perumahan telkomas dengan harapan bahwa anak tersebut akan di temukan oleh warga masyarakat.

8. ‎bahwa setelah menurunkan korban di pinggir jalan, maka lk. YUS kembali kerumah korban (tkp) dengan alibi bahwa lelaki tersebut baru datang dari kab. Barru dan turut prihatin atas kejadian penculikan tersebut dan sama sekali tidak di ketahui oleh keluarga korban bahwa orang yang merencanakan penculikan tersebut adalah lk. YUS.

8. Bahwa untuk lk. ANWAR (DPO) saat ini masih dalam pengejaran.

Saat ini ketiga tersangka dibawa dan diamankan kantor DIT RESKRIMUM di Polda Sulsel untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sumber: Polisiku Poldasulsel

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close