Kampus

Begini Kronologi Terjadinya Bentrok UIN Alauddin Makassar

Barrunews.com, Kampus- Bentrok yang melibatkan mahasiswa Fakultas Syariah dan Fakultas Hukum di Kampus UIN Alauddin Samata terjadi, Senin (22/10/2018).

Ratusan mahasiswa dari dua fakultas yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dengan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), terlibat bentrok saling lempar batu.

Bentrok yang berlangsung sore tadi di belakang Fakultas Syariah dan Hukum ini diduga akibat imbas pengeroyokan yang dialami mahasiswa Jurusan Jurnalistik oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Falaq Fakultas Syariah dan Hukum saat bermain Futsal Jumat lalu.

 “Bentrokannya karena masalah futsal saya dengar, waktu itu (Turnamen Futsal) berselisih antara Jurusan Jurnalistik FDK dan Ilmu Falaq FSH,” ungkap Taufik salah seorang mahasiswa di lokasi bentorkan belakang gedung FDK dan FSH, UIN Alauddin, Samata-Gowa.

Bentrokan saling melempar batu dan balok kayu itu mengakibatkan tiga mahasiswa dilarikan ke klinik kampus karena mengalami luka di kepala.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Siti Aisyah Kara menjelaskan bentrok ini dikarenakan seorang mahasiswa dikeroyok mahasiswa jurusan lain.

“Jadi saling serang lempar batu. Yang rusak kaca jendela, pecah karena kena batu,” ujar Aisyah.

Bentrokan terjadi secara berkelanjutan, sebanyak dua kali, hingga aparat keamanan dari pihak kampus dan personil polisi Polres Gowa datang mengkondusifkan situasi.

Sejumlah personil Polsek Somba Opu yang tiba beberapa menit langsung melepaskan tembakan peringatan guna menghentikan bentrok tersebut.

Kapolsek Somba Opu, Kompol Soma Miharja yang turun langsung ke lokasi, mengatakan beberapa mahasiswa alami luka dan kerusakan pada gedung fakultas.

“Puluhan motor mahasiswa yang terparkir juga rusak, dan jendela gedung perkuliahan pecah akibat lemparan batu,” katanya.

Dikatakan Kapolsek Somba Opu, pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut penyebab bentrok antar dua fakultas tersebut.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close