Kesehatan

Inilah Cara Pengobatan Yang Luar Biasa Menggunakan Asam Jawa

Barrunews.com – Kesehatan Manfaat asam jawa bukanlah sekedar sebagai bumbu masakan saja. Lebih dari itu, buah masam ini punya berjuta khasiat untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Sekilas bentuknya memang mungil dan terkesan tidak punya manfaat selain perasa makanan, tapi buah kecut ini ternyata benar – benar menyimpan kegunaan luar biasa untuk tubuh kita.

Asam Jawa (Tamarindus indica)

Tamarindus indica adalah nama ilmiah dari asam jawa, bumbu khas masakan Indonesia. Kiranya buah ini tidak asing lagi bagi kita, sehingga tidak perlu disebutkan ciri –ciri nya. Nah, asam jawa ini dapat digunakan sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Buah asam Jawa mengandung berbagai zat asam, seperti asam tatrat, sitrat, malat, asetat, dan suksinat. Efek farmakologis buahnya termasuk sebagai pencahar, serta melancarkan peredaran darah. Sedangkan flavonoid dalam daunnya bersifat anti radang dan pereda rasa sakit.

Manfaat Asam Jawa Untuk Pengobatan Yang Luar Biasa

  1. Mengobati Wasir (Ambeien)

Rasa sakit dan nyeri dirasakan penderita wasir. Untuk mengobati penyakit ini, anda harus menjalani pola makan yang sehat. Sedangkan obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, seperti di bawah ini: Sediakan daun meniran dan daun keji beling (masing – masing 6 gram), 1 gram asam jawa, dan 3 gram temulawak. Rebus bersama seliter air, biarkan mendidih beberapa menit. Minum airnya setelah dingin, 3 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi Disentri

Penyakit yang menyerang usus ini disebabkan oleh bakteri dan amoeba. Umumnya ditandai dengan perut mulas, serta adanya lendir dan darah saat buang air besar. Asam jawa dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan disentri. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram temulawak, dan 10 gram kunyit. Tumbuk hingga lumat, seduh dengan air panas. Saring dan tambahkan madu, minum saat airnya dingin.

  1. Mengobati Sariawan

Mungkin anda sedang mencari obat sariawan dari bahan alami? Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Ambil 5 cm kunyit, diiris – iris. Rebus bersama segenggam asam jawa, ke dalam 4 gelas air. Setelah airnya menjadi 2 gelas, saring dan biarkan dingin. Minum di pagi dan malam hari, sebanyak 1 gelas.

  1. Mengobati Difteri

Gejala difteri seperti panas tinggi, sulit bernafas, sulit menelan makanan, sakit tenggorokan, dan munculnya lendir dalam hidung dan mulut. Penyebabnya adalah bakteri corynebacterium diphtheria. Untuk mengatasinya secara tradisional, berikut caranya: Ambil lobak, bawang merah, kencur, masing – masing sebanyak 5 gram. Tumbuk bersama asam jawa dan 10 gram daun pepaya. Seduh bersama air panas, gunakan untuk berkumur saat air menjadi hangat. Ulangi sehari 3 kali.

  1. Mengobati Keputihan

Penyakit yang biasanya diderita sebagian wanita ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Bau yang kurang sedap, pastinya membuat wanita tidak percaya diri. Untuk mengatasi keputihan, gunakan obat tradisional. Tumbuk kunyit sepanjang 5 cm dan 25 lembar daun beluntas. Seduh bersama ½ gelas air panas, masukkan gula aren dan asam jawa. Aduk dan saring, minum sebelum tidur malam.

  1. Demam Sehabis Nifas

Untuk mengatasi gangguan ini, seduh asam jawa yang dikeringkan dan gula aren dalam segelas air panas. Minum di pagi dan malam hari.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pola makan yang tidak sehat dapat memicu kolesterol tinggi. Sering makan jeroan, daging merah, dan sebagainya akan berisiko terhadap kondisi ini. Untuk menurunkan kadar kolesterol darah, gunakan ramuan tradisional. Tumbuk 200 gram daun asam jawa, seduh bersama 200 ml air panas. Biarkan agak dingin, saring airnya dan minum. Ulangi 3 kali sehari.

  1. Mengatasi Eksim

Rusaknya jaringan kulit seperti melepuh dan bernanah, disebut juga eksim. Penyakit kulit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi asam jawa yang dipadu dengan umbi temulawak. Tumbuk kedua bahan alami tersebut, tambahkan gula aren. Rebus bersama 2 gelas air sampai airnya tersisa separuhnya. Minum airnya saat dingin. Hasil tumbukan bahan ini juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi penyakit kulit ini.

  1. Mengobati Biduran Dan Alergi

Dalam istilah medis, penyakit biduran biasa disebut urtikaria. Sebutan lainnya adalah hives atau kaligata. Kulit terasa gatal, bintik – bintik kemerahan yang merata di area kulit. Gejala ini disebabkan oleh alergi, atau juga akibat terkena ulat bulu dan serangga. Ramuan herbal untuk mengatasi biduran dapat dibuat sendiri. Siapkan ¼ sdm kapur sirih, 3 buah asam jawa, dan sedikit garam. Rebus bersama 3 gelas air, hingga berkurang 2 gelas. Biarkan airnya dingin, saring. Minum ramuan alami ini, di pagi dan sore hari.

  1. Mengobati Tekanan Darah Rendah

Hipotensi dapat diobati menggunakan obat tradisional. Sediakan 5 gram asam jawa, 15 gram cabe rawit, 250 gram daun bayam, garam dapur secukupnya, dan 10 gram gula aren. Pertama, rebuslah daun bayam hingga tidak terlalu matang. Lumatkan bahan lainnya, padukan dengan bayam sebagai lalapan. Pengobatan akan lebih efektif, dengan mengkonsumsi makanan tersebut bersama beras merah.

  1. Menurunkan Panas

Cuaca tidak menentu sering menyebabkan anak kecil menjadi sakit dan badannya panas. Bunda tidak perlu khawatir berlebihan. Buat saja obat tradisional untuk menurunkan suhu tubuhnya. Seduh 2 polong asam jawa dan sedikit garam dapur, bersama segelas air panas. Saat airnya hangat, saring dan berikan minuman ini pada anak tersebut.

  1. Penurun Demam Pada Bayi

Saat bayi anda mengalami demam, jangan berikan antibiotik yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya. Ramuan tradisional untuk meredakan demam bayi, dapat anda buat di rumah. Tumbuk asam jawa, kunyit, dua lembar daun bawang, dan beberapa lembar daun melati. Balurkan ramuan ini pada dahi bayi, biarkan kering dengan sendirinya.

  1. Mengobati Bisul

Anda pastinya tidak berharap terkena bisulan, bukan? Tapi jika anda sedang menderita gangguan ini, obati dengan ramuan tradisional. Tumbuk 5 gram asam jawa, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung, dan sedikit garam dapur. Balurkan pada area kulit yang terkena bisul. Ketika ramuan menjadi kering, ganti dengan yang baru. Obat alami ini dapat membuat bisul cepat matang dan pecah.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Untuk mengatasi gangguan ini, tumbuk 2 jari kunyit dan segenggam asam jawa. Rebus dengan segelas air selama beberapa menit, minum airnya setelah dingin. Lakukan pengobatan secara teratur selama seminggu sebelum haid.

Jus Asam Jawa
  1. Menghilangkan Bau Anyir Saat Haid

Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan obat alami. Sediakan 10 irisan temulawak, sepotong asam kawak, dan gula aren. Seduh semua bahan bersama segelas air panas, sambil aduk-aduk. Minum airnya selama masa haid, sekali dalam sehari.

  1. Obat Batuk Kering

Rasa gatal di tenggorokan menjadi satu gejala akibat batuk kering. Gunakan saja tradisional, untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Sediakan 3 buah asam jawa dan segenggam saun saga. Anda juga boleh menyiapkan 5 cm kayu manis cina. Cuci dan rebus semua bahan alami tersebut, bersama 750 ml air. Setelah airnya berkurang 250 ml, saring. Biarkan airnya hangat, minum setiap siang hari.

  1. Meredakan Asma

Asam jawa dapat juga digunakan sebagai obat alami untuk mengobati asma. Rebus kulit pohon asam jawa secukupnya dan pohon adas pulowaras, bersama 2 gelas air. Saring untuk mengambil airnya saja, minum setelah agak dingin.

  1. Mengatasi Demam

Demam yang dialami oleh orang dewasa, dapat juga diredakan dengan bahan alami. Sediakan sedikit adas pulowaras dan segenggam daun asam jawa. Rebus bersama 4 gelas air, sampai airnya tersisa 2 gelas. Biarkan dingin, saring dan minum di pagi dan malam hari.

  1. Mengobati Sakit Perut

Mengkonsumsi makanan terlalu pedas, bisa menyebabkan sakit perut. Namun, gangguan ini bisa juga disebabkan oleh disentri atau lainnya. Untuk mengatasi sakit perut yang bukan akibat bakteri, gunakan obat alami. Tumbuk kapur sirih dan asam jawa, campur dengan minyak kayu putih. Aduk hingga berbentuk pasta, balurkan pada perut anda.

  1. Mengobati Luka Baru

Kulit yang terluka oleh goresan benda tajam dan berdarah, dapat diobati dengan cara alami. Untuk menghentikan pendarahan, kunyah daun asam jawa dan tempelkan pada luka yang berdarah.

  1. Mengobati Borok

Luka yang tidak dirawat dengan benar, bisa berubah menjadi borok. Luka yang bernanah, berair, dan gatal. Untuk mengobati borok secara alami, tempelkan biji asam jawa yang ditumbuk hingga lumat. Balut dengan perban, ganti secara rutin.

  1. Menghilangkan Gatal Pada Bekas Luka

Jangan garuk luka kering yang terasa gatal. Hal itu menunjukkan bahwa luka tersebut segera sembuh. Untuk mengobati gatal, gosokkan asam jawa yang sudah direndam dalam air panas. Anda juga bisa menambahkan parutan kunyit untuk meredakan gatal.

  1. Mengobati Rematik

Orang tua banyak yang menderita reumatik, dimana gejala yang sering dialami termasuk nyeri pinggang dan pegal linu. Untuk meredakan rasa nyeri, gunakan bahan alami. Tumbuk 3 biji asam jawa dan segenggam daunnya, balurkan pada area tubuh yang terasa sakit. Lakukan pijatan lembut.

  1. Mengobati Bengkak Akibat Gigitan Binatang Berbisa

Jika anda tersengat tawon atau kalajengking, obati saja dengan cara tradisional. Lumatkan 3 biji asam jawa, oleskan pada area kulit yang bengkak.

  1. Mengobati Gigitan Ular

Salah satu cara mengatasi gigitan ular secara alami adalah menggunakan asam jawa. Belah bijinya, kemudian tempelkan pada bekas gigitan di kulit anda.

  1. Sebagai Obat Cacar

Bintik-bintik merah berair menjadi ciri khas gejala cacar. Seseorang biasanya menderita penyakit kulit ini sekali seumur hidupnya. Untuk mengatasi cacar, gunakan bahan alami. Iris – iris temulawak, rebus bersama segelas air dan masukkan asam jawa dan gula aren. Tunggu hingga airnya mendidih, biarkan dingin. Minum airnya setiap hari.

  1. Mengobati Campak

Penyakit menular yang disebabkan Paramixovirus ini, dapat diobati dengan bahan alami. Siapkan daun asam jawa sebanyak 3 gelas, 3 iris kunyit, gula aren, dan sedikit garam dapur. Rebus semua bahan bersama 2 gelas air, hingga menyusut setengahnya. Minum setelah airnya dingin, saat pagi dan malam hari. Obat luar untuk campak bisa dibuat dari asam jawa dan kunyit. Parut kunyit, campur dengan asam jawa. Balurkan pada kulit secara merata.

Nah, ternyata manfaat asam jawa bagi kesehatan sangat banyak bukan? Jadi tidak hanya berguna sebagai bumbu masak. Oh, ya bahkan asam jawa ini sangat bermanfaat untuk mendukung program diet anda karena mampu menyerap lemak dari dalam tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (yy)

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close