Nasional

KPK Bongkar Adanya Pengaruh Setya Novanto di Proyek e-KTP

Barrunews.com, Nasional – KPK mulai membuka adanya unsur pengaruh dari Setya Novanto terkait proyek e-KTP dalam persidangan. Menurut KPK, peran dan pengaruh Novanto signifikan dalam kasus tersebut.

Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta, seorang saksi yaitu Charles Sutanto Ekapradja (mantan Country Manager HP (Hewlett Packard) Enterprise Service) mengaku mendatangi Novanto untuk mendapat restu. Menurut Charles, apabila tidak dilakukan maka bisa jadi ada hambatan.

“Kamu butuh blessing dari Setya Novanto agar nggak dipersulit dan nggak dihambat?” tanya jaksa pada Charles dalam persidangan.

“Itu betul, dari pengalaman saya begitu,” jawab Charles.

KPK menyebut hal itu menjadi salah satu cara pembuktian bahwa ada pengaruh Novanto dalam proyek itu. Peran Novanto pun akan lebih dikulik jaksa.

“Dalam persidangan ini salah satu yang sedang kita buktikan peran dan pengaruh terdakwa terkait proyek e-KTP,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Menurut Febri, proses pembuktian itu sejalan dengan dakwaan terhadap Novanto. Selain peran, KPK juga akan membuktikan aliran duit dari proyek e-KTP ke kocek pribadi Novanto.

“Sesuai dengan dakwaan yang sudah kita sampaikan. Tentu peran-peran dari terdakwa termasuk dugaan aliran dana menjadi poin yang kami buktikan. Karena SN (Setya Novanto) kan didakwa bersama-sama melakukan korupsi dengan pihak lain. Karena itu apa perannya perlu kita uraikan. Nanti jika ada sangkalan, silakan saja disampaikan,” ujar Febri.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close