Kampus

Mahasiswa Bercadar, Ini Tanggapan Rektor UIN Alauddin Makassar

Barrunews.com- Kampus, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Musafir Pababbari angkat bicara terkait larangan memakai cadar di lingkungan civitas akademi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Untuk lingkungan UIN Alauddin sendiri, Musafir mengharapkan adanya kelas khusus atau konseling untuk mereka yang menggunakan cadar. Menurut dia jika ada mahasiswi  menggunakan cadar di dalam kelas, para dosen tentu tidak bisa membimbing dengan baik dan tentu saja pendidik tidak bisa mengenali wajah mahasiswi tersebut.

“Seandainya memungkinkan yah, kita buat kelas khusus (konseling), contohnya ada dosen yang mengajar itukan tidak tahu siapa di dalam yang diajar ini ? Apakah itu betul “Sitti Rahma”(contoh) atau “Sitti Aisyah”(contoh),” harapnya

Musafir Pababbari tidak mempermasalahkan mahasiswinya menggunakan cadar di lingkungan kampus selagi tidak mengganggu proses akademik dan tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu.

“Selama itu tidak mengganggu proses akademik dan bisa diyakinkan bahwa yang ikut ujian itu adalah si “Sitti Rahma” (contoh) dan bukan si “Sitti Aisyah”(contoh) karena jangan sampai terjadi manupulasi,”jelasnya. Selasa(6/3/2018).

Musafir mengatakan setiap kampus memiliki aturan sendiri baik itu  dalam masalah berbusana namun terkait pelarangan bercadar di UIN Yogyakarta ia berpendapat  bahwa ini adalah persolan yang dilematis dan cenderung bersifat diskriminatif.

“Persoalan cadar memang agak dilematis juga yah, karena di satu sisi kita tidak boleh mendiskriminasi terhadap siapa saja yang mencari ilmu pengetahuan, tetapi kita juga diikat oleh aturan akademik lainnya seperti misalnya busana,” terang Musafir

Selain itu persolan penggunaan cadar bagi wanita  masih  menimbulkan perdebatan dikalangan ulama sehingga ini menjadi persolan pilihan dalam hal menutup aurat.

“Sebenarnya Khilafiyah (perbedaan pendapat)  juga persoalan penggunaan cadar karena tidak semua ulama mengajarkan bahwa perempuan harus menggunakan cadar,” tutup Musafir

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Universitas Islam Negeri UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta melarang penggunaan cadar bagi mahasiswi pada saat berada di lingkungan kampus.

Menurut Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof Yudian Wahyudi,UIN telah membentuk tim konseling dan pendamping kepada mahasiswi bercadar agar mau melepas cadar saat berada dikampus UIN Yogyakarta.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close