Life Style

Dinas Pendidikan Makassar Tolak Film Dilan 1991 Tayang di Bioskop

Barrunews.com, Film Dilan 1991 yang akan tayang serentak di layar bioskop di Makassar, hari ini, mendapat sambutan negatif dari sekelompok warga.

Mereka yang mengatasnamakan Komando Mahasiswa Merah Putih (Kompi) Sulsel, berjanji memboikot film tersebut.

Bentuk protes dilakukan dengan mendatangi bioskop yang menayangkan film tersebut, hari ini. Mereka menuntut agar film tersebut tidak ditayangkan di  Makassar.

Alasannya, film yang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan dan Vanessa Pricilla tersebut lebih banyak menonjolkan kekerasan di lingkungan sekolah.

“Tindakan amoral dan asusila di dunia pendidikan itu meningkat. Intinya hadirnya film Dilan itu kemudian mengakibatkan tingkat kekerasan di dunia pendidikan meningkat, “kata Fajar Baharuddin. Ketua Kompi Sulsel, saat menyampaikan aspirasinya di kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rabu (27/2).

Menurut Fajar, film ini tidak sesuai budaya Bugis-Makassar. Ia mengatakan warga Sulsel sangat memegang teguh budaya ketimuran yang santun dan hormat pada guru. “Katanya.

Rencananya, hari ini kompi akan mengarahkan 300-an orang untuk mendatangi mall yang memutar film Dilan 1991. Aksi ini mendapat sambutan  positif dari Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Abdul Rahman Bando.

Kepada para demonstran Abdul Rahman Bando mengatakan akan terus memperjuangkan kemuliaan pendidikan di Makassar.

“Harus ada koreksi dan evaluasi terhadap film Dilan 1991. Ini kontrol sosial dari hasil kreasi sineas-sineas kita. Karena menurut kajian teman-teman ada yang tidak berkesesuaian dengan peradaban kita saya sangat mendukung apa yang disuarakan oleh adik-adik ini, kata Rahman.

Sumber : Tribun Makassar, Kamis 28 Februari 2019

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close