KesehatanLife Style

Penyakit Yang Sering Mengintai Saat Musim Hujan & Cara Mencegahnya

Barrunews.com- Kesehatan, Saat musim hujan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, hal itu terjadi karena perubahan suhu pada lingkungan. Ketika musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak, dan makin mudah masuk ke tubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tak prima akan semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit. Tubuh harus waspada terhadap serangan penyakit yang datang ketika musim hujan. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang sering mengintai saat musim hujan beserta cara mencegahnya.

1 Diare

Penyakit musim hujan yang pertama kita bahas adalah diare. Penyakit dan gangguan kesehatan ini sebetulnya sangat berkaitan erat dengan kebersihan individu. Bila musim hujan datang, kemungkinan seseorang untuk terserang penyakit diare akan lebih besar. Terutama untuk yang tinggal di wilayah banjir. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat seperti misalnya sumur dangkal akan ikut tercemar. Sumber air yang sudah terkontaminasi inilah yang biasanya menyebabkan diare. Di samping itu, kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan dengan sabun akan membuat kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

Cara Mencegah Penyakit Diare

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit diare, yaitu:

  • Biasakan mencuci tangan dengan sabun, terutama setiap akan makan dan minum serta setelah buang hajat.
  • Perhatikan dan jaga kebersihan lingkungan. Pastikan tidak ada tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal.
  • Biasakan untuk merebus air minum hingga mendidih (matang) setiap hari.
  • Hubungi petugas kesehatan terdekat bila terjadi gejala-gejala diare.

2 Influenza

Influenza juga merupakan penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Biasanya anak-anak usia balita lah yang paling rentan terkena influenza. Penyakit yang disebabkan karena virus ini memiliki waktu inkubasi yang relatif cepat. Dari terserang virus hingga timbul gejalanya hanya diperlukan waktu 3 hari atau paling lama 7 hari. Gejala influensa yang sering muncul adalah nyeri kepala, demam, menggigil, nyeri otot, lemas, dan bahkan bisa terjadi kejang. Gejala lain yang sering terjadi adalah kenaikkan suhu badan dan diiringi oleh bersin dan batuk tidak berdahak. Pada saat musim hujan, udara di sekitar akan menjadi dingin. Udara dingin ini lah yang menjadi faktor pemicu influenza. Penyakit ini perlu diwaspadai, terutama bila menyerang balita, karena beresiko ISPA termasuk radang paru-paru. Bagi orang dewasa sangat disarankan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Cara Mencegah Influenza

  • Rajin mencuci tangan. Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan menggunakan sabun saat mencuci tangan.
  • Menghindari kontak dengan penderita influenza. Penyakit ini mudah menular sehingga jangan menggunakan benda-benda yang digunakan oleh penederita influenza.
  • Hindari terkena air hujan secara langsung dalam waktu yang lama.
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang.
  • Istirahat dengan cukup.

3 Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Pada saat musim hujan, jumlah sarang nyamuk ini akan mengalami peningkatan. Nyamuk ini berkembang biak dengan cepat di tempat yang tergenang air. Sampah-sampah seperti kaleng bekas atau ban bekas adalah tempat yang cocok untuk mereka. Selain itu, selokan yang tidak mengalir juga bisa menjadi sarang nyamuk pembawa penyakit demam berdarah ini. Dengan meningkatnya populasi nyamuk ini, maka resiko terserang demam berdarah pada saat musim hujan juga menjadi besar.

Cara Mencegah Demam Berdarah

  • Turut berpartisipasi menjalankan gerakan 3M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.
  • Segera pergi ke dokter bila ada gejala-gejala penyakit ini seperti panas tinggi tanpa penyebab yang jelas dan disertai adanya tanda-tanda pendarahan.

4 Alergi dan Asma

Alergi dan asma dipicu oleh perubahan suhu. Pada musim hujan dengan curah hujan yang tinggi perubahan suhu ini akan terjadi. Kondisi itu lah yang menyebabkan penyakit alergi dan asma sering terjadi saat musim hujan, terutama pada orang tua. Penderita penyakit ini yang peka terhadap cuaca sangat disarankan untuk lebih waspada agar tidak sering terjadi kumat.

Cara Mencegah Alergi dan Asma

  • Bagi yang alergi dingin, sebaiknya menggunakan bedak dingin atau lotion yang mengandung anti histamin atau calamine. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa gatal pada kulit akibat alergi dingin.
  • Kita juga bisa mengkonsumsi obat dari golongan anti histamin. Pada keadaan akut, obat dari golongan steroid dapat digunakan bila diperlukan.
  • Hindari timbulnya gejala akibat alergi dingin dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin.
  • Gunakan pakaian yang cukup tebal untuk menangkal cuaca dingin, dan sebaiknya mandi dengan air hangat.

Itu lah 4 penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Dengan mengetahui penyebab dan cara pencegahannya, kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Semoga bermanfaat!

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close