Kesehatan

Sebab Jari Tangan Keriput Saat Terkena Air

Barrunews.com, Kesehatan- Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tangan Anda keriput setelah terkena air untuk waktu yang lama?

Kondisi itu dikenal sebagai jari pruney fingers, dan terjadi ketika sistem saraf mengirimkan pesan ke pembuluh darah untuk menyempit.

Akibatnya, penyempitan pembuluh darah mengurangi ukuran ujung jari, dan menyebabkan lipatan longgar pada kulit yang membentuk kerutan.

Jika pruney fingers terjadi karena paparan air, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kulit akan kembali normal setelah tangan kering.

Tapi jika jari-jari Anda keriput padahal Anda tidak bersentuhan dengan air, maka itu bisa menunjukkan ada masalah. Berikut beberapa kondisi medis yang menyebabkan pruney fingers:

  1. Dehidrasi
    Dehidrasi terjadi ketika Anda tidak minum banyak air dan kulit Anda mulai kehilangan sebagian elastisitasnya, dan membuatnya terlihat kering dan keriput. Gejala lain dehidrasi termasuk mulut dan bibir kering, sakit kepala, dll.
  2. Diabetes
    Diabetes mempengaruhi fungsi tubuh yang mengontrol kadar gula darah. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan jari-jari keriput.
  3. Eksim
    Ini adalah kondisi kulit yang menyebabkan peradangan kulit, gatal-gatal, ruam dan kemerahan. Eksim mengeringkan kulit dan menyebabkan kulit berkerut.
  4. Penyakit raynaud
    Ini adalah penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah kecil yang memasok darah ke bagian terkecil dari tubuh, termasuk jari tangan dan kaki. Penyakit Raynaud terjadi ketika Anda terkena dingin ekstrem dan gejalanya adalah jari-jari menjadi putih atau biru, keriput, mati rasa dan kesemutan.
  5. Gangguan tiroid
    Orang-orang yang memiliki gangguan tiroid dapat mengalami pruney serta ruam kulit. Banyak ahli percaya bahwa hipotiroidisme lebih mungkin menyebabkan jari keriput karena memperlambat metabolisme dan menurunkan suhu tubuh Anda. Ketika suhu tubuh Anda diturunkan, pembuluh darah di jari-jari Anda menyempit untuk mencegah hilangnya panas. Konstriksi ini menyebabkan keriput pada kulit.

Topik
Tampilkan lagi

Tinggalkan Komentar

Close
Close